PRESENSI ONLINE DI MASA NEW NORMAL: SOLUSI PENILAIAN KINERJA ATAU PELUANG MANIPULASI PENILAIAN KINERJA

Authors

  • Widya Safitri Balai Litbang Agama Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30631/tpj.v2i2.1255

Keywords:

presensi online, penilaian kinerja, kecurangan kinerja

Abstract

Kesulitan penilaian kinerja melalui presensi online menjadi salah satu permasalahan selama pandemi, di berbagai lembaga pemerintah dilihat hanya sebagai persoalan aplikasi dan penguasaan teknologi. Pemahaman ini menyesatkan untuk dua pengertian: menyesatkan di dalam memahami realitas, juga menyesatkan dalam perumusan rencana aksi penyelesaian masalah yang dihadapi selama pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam untuk memungkinkan melihat persoalan yang dihadapi pegawai dan lembaga pemerintah dari dua perspektif. Data survey yang dijadikan dasar untuk membangun pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara mendalam. Penelitian ini menunjukkan sesuatu yang berbeda dengan melihat penggunaan presensi online pada masa pandemi sebagai pergeseran penunjang penilaian kinerja secara substansi. Dengan kata lain, kesulitan penilaian kinerja sebagaimana ditemukan dalam studi ini, lebih disebabkan oleh tidak dipahaminya esensi kinerja pegawai berbasis teknologi. Presensi online perlu dilihat sebagai suatu pergeseran paradigma kinerja yang bertujuan menciptakan kemandirian pegawai dalam bekerja. Pemahaman ini tidak hanya sebagai realitas bahwa pandemi dapat dipahami secara kontekstual, tetapi juga usaha-usaha pemecahan masalah dapat dirumuskan dengan tepat sasaran.

References

Aragon, S. (2003). Creating Sosial Presence. 100, 57–68.

Arianto, D. A. N. (2013). Pengaruh Kedisiplinan, Lingkungan Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Pengajar. Jurnal Economia, 9(2), 191–200. https://doi.org/10.21831/economia.v9i2.1809

Budiarto, J., & Qudsi, J. (2017). Perancangan Konsep Internet of Things Pada Penerapan Presensi Online di Pemerintah Daerah. CITISEE2017.

Fauziyati, W. R. (2018). Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan menuju Generasi Maju Indonesia. Qalamuna, 10(1), 157–177.

Fitria, N. J. L. (2020). Penerapan Work From Home Dan Work From Office Dengan Absensi Online Sebagai Implikasi E-Government Di Masa New Normal. Civil Service Journal, 69–84.

Gibbons, J. A., Hammersley, M., & Atkinson, P. (2007). Ethnography: Principles in Practice. In Contemporary Sociology (Vol. 15, Issue 3). https://doi.org/10.2307/2070079

GUSMAN, S. (2011). Manajemen/Administrasi Kepegawaian.

Lailatushifah, S. N. F. (2012). Kepatuhan Pasien yang Menderita Penyakit Kronis Dalam Mengonsumsi Obat Harian. Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 1–9. http://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2012/06/Noor-Kepatuhan...pdf

Larivière, B., Bowen, D., Andreassen, T. W., Kunz, W., Sirianni, N. J., Voss, C., Wünderlich, N. V., & De Keyser, A. (2017). “Service Encounter 2.0â€: An investigation into the roles of technology, employees and customers. Journal of Business Research, 79, 238–246. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.03.008

Ma’rifah, D. (2020). Implementasi Work From Home : Kajian Tentang Dampak Positif, Dampak Negatif, dan Produktivitas Pegawai. Civil Service Journal, 14(2 November), 53–64.

Muzakki, M. H. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2), 169–175.

Nugraha, W. (2015). Kompensasi Manajemen Terhadap Perilaku Etis Pegawai ( Studi Kasus Dinas Pendapatan , Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Wonogiri ). Jurnal Riset Akuntansi, 3(1).

Ostrom, E. (1998). Institutions and the environment. Economic Affairs, 28(3), 24–31. https://doi.org/10.1111/1468-0327.00036

Ostrom, E. (2005). Understanding Institutional Diversity. In Public Choice (Vol. 132, Issues 3–4). NJ: Princeton University Press. https://doi.org/10.1007/s11127-007-9157-x

Syafawi, A. S. (2017). Sistem Presensi Online Berbasis Lokasi Studi Kasus Dosen DPK Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Repository Universitas Islam Indonesia.

Zhang, M., Di Fan, D., & Zhu, C. J. (2014). High-Performance Work Systems, Corporate Sosial Performance and Employee Outcomes: Exploring the Missing Links. Journal of Business Ethics, 120(3), 423–435. https://doi.org/10.1007/s10551-013-1672-8

Published

2022-11-01