Evaluasi Pelayanan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Pencapaian Target Pendapatan Pajak di Kota Jambi

Authors

  • Suryadi Akbar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30631/tpj.v1i1.673

Keywords:

Evaluasi Pelayanan, Inovasi Layanan Pajak, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan di Kota Jambi, faktor pendukung dan penghambat dalam upaya inovasi pelayanan, serta solusi – solusi yang dilakukan sebagai upaya pencapaian target pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang memfokuskan pada penerapan layanan pembayaran Pajak Bumi Dan Bangunan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi (observation), wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penerimaan pajak sebagai akibat dari upaya inovasi pelayanan. Meskipun belum mencapai yang ditetapkan oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Jambi. Faktor pendukung dalam melaksanakan inovasi pelayanan pembayaran PBB yakni adanya program rutin yang dilaksanakan oleh BPPRD Kota Jambi, arah kebijakan, Peraturan Daerah sebagai payung hukum, sistem computerisasi di BPPRD Kota Jambi dan koordinasi dengan instansi pemerintah lain. kendala yang dihadapi BPPRD Kota Jambi dalam melaksanakan inovasi pelayanan pembayaran PBB yaitu kurang efektifnya pendataan wajib pajak, sarana dan prasarana kerja terbatas (belum memadai), keterbatasan sumber daya manusia, rendahnya kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak PBB dan tidak optimalnya sosialisasi inovasi pembayaran pajak. solusi dari permasalahan yang dihadapi pemerintah yaitu dengan melakukan program rutin, peningkatan pengetahuan RT, pendataan ulang dan pemutakhiran data objek dan subjek wajib PBB serta secara rutin melakukan evaluasi kebijakan inovasi.

Published

2021-10-21